header web dpa.jpg

Login



FOKUS KERJA BIRO-BIRO KATEGORIAL PDF Print E-mail

Dalam sistem pengorganisasian PP DPA GBI periode 2013-2017, terdapat tiga macam biro yakni Biro-biro KATEGORIAL, Biro-biro PROGRAM dan Biro-biro PENUNJANG. Biro-biro Kategorial adalah Biro Anak, Biro Remaja, Biro Pemuda dan Biro Dewasa Muda. Biro-biro ini disebut Biro Kategorial karena secara langsung bersentuhan dengan bidang pelayanan kategorial yang ada dalam DPA GBI ini. Selain itu Biro Kategorial mempunyai massa sendiri dalam pembagiannya di gereja lokal. Biro-biro Program mengacuh kepada 7 bidang kehidupan (7 spheres) yaitu Biro Art/Media/Sport/Entertainment, Biro Business, Biro Church, Biro Development of The Poor, Biro Education, Biro Family, dan Biro Governance, sedangkan Biro-biro Penunjang adalah Biro Pembinaan dan Pengembangan Organisasi, Biro Training Centre dan Biro Anak Hamba Tuhan (PAHAT).
Berikut ini dijelaskan secara rinci tugas dan pelayanan Biro-biro Kategorial yang ada di Pengurus Pusat Departemen Pemuda dan Anak Gereja Bethel Indonesia.
Fokus Kerja Biro-biro Kategorial adalah sebagai berikut:

BIRO ANAK (Anak Bethel Indonesia/ABI)
Biro Anak tugasnya adalah mengkoordinir seluruh kegiatan pelayanan yang berhubungan dengan Anak di PP DPA GBI. Tugas utama Biro Anak adalah merancangkan pola pelayanan yang efektif dan dan variatif dalam pelayanan kebaktian anak. Selain itu juga memikirkan pengembangan sumber daya manusia yang bisa dilibatkan dalam pelayanan anak di gereja, baik pada lingkup nasional maupun gereja lokal. Jika diklasifikasikan maka tugas Biro Anak selain terkait langsung kepada pelayanan anak juga berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM) yang melayani di bidang anak (guru-guru yang mengajar). Pelayanan Anak yang harus dikerjakan oleh biro ini adalah memikirkan dan merancang bentuk-bentuk atau model pelayanan yang efektif dalam penjangkauan serta pembinaan anak-anak di gereja lokal. Selain itu memikirkan dan merancang pengembangan SDM melalui seminar, pelatihan, lokakarya bagi guru-guru sekolah minggu.
Pembagian dan Klasifikasi pelayanan anak (ABI) di DPA GBI adalah sebagai berikut:
Anak INDRIA, Anak PRATAMA dan Anak Madya.
Rentang usia Anak INDRIA: 4-6 tahun.
Rentang usia Anak PRATAMA: 7-9 tahun.
Rentang usia Anak MADYA: 10-12 tahun.
Dengan pembagian usia kategorial seperti ini diharapkan penanganan dan implementasi pelayanan lebih akurat dan efektif.
FOKUS BIRO ANAK PERIODE 2013-2017 : Program Unggulan --> BE KIDS Modul 2, yaitu Training Guru Sekolah Minggu dan KKR Anak di daerah-daerah.

BIRO REMAJA (Remaja Bethel Indonesia/RBI)
Biro Remaja adalah biro yang bertugas mengkoordinir seluruh kegiatan pelayanan yang berhubungan dengan remaja di PP DPA GBI. Tugas utama biro ini adalah merancangkan pola pelayanan yang efektif dan berdampak bagi penjangkauan remaja. Dalam usia kategorial, kita tahu bahwa remaja adalah suatu usia yang memiliki keunikan tersendiri karena mereka bukan lagi anak-anak, namun juga belum dewasa. Bisa disebutkan bahwa usia ini adalah usia tanggung. Karena itu memahami pergumulan akan usia ini, maka perlu untuk menciptakan bentuk pelayanan yang kontekstual bagi para remaja di gereja-gereja lokal.
Usia remaja dalam klasifikasi DPA GBI dibagi dua bagian yakni: Remaja PRATAMA usia 13-15 tahun dan Remaja MADYA usia 16-17 tahun.
Pembagian klasifikasi usia ini pada hakekatnya didasarkan pada unsur-unsur psikologis yang membedakan kedua remaja ini. Dipahami bahwa dalam konteks pelayanan pun, kedua usia ini sangat berbeda dalam hal kebutuhan rohani (batiniah). Memahami betapa kompleknya ciri dan kebutuhan usia kategorial remaja ini, maka Biro Remaja yang ada di PP DPA GBI mempunyai fokus kerja yakni membawa remaja kepada pengenalan akan Kristus, sehingga terbentuk pola hidup dan karakter Kristiani dalam pergaulan mereka. Selain itu fokus kerja yang lain adalah menyiapkan materi dan bentuk pelayanan yang cocok bagi usia remaja.

FOKUS BIRO REMAJA PERIODE 2013-2017 : Program Unggulan --> GET CAMP

BIRO PEMUDA (Pemuda Bethel Indonesia/PBI)
Biro Pemuda adalah biro yang mengkoordinir seluruh kegiatan pelayanan yang berhubungan dengan pemuda di PP DPA GBI. Tugas utama biro ini adalah mempersiapkan dan memperlengkapi pemuda–pemudi bagi kepemimpinan gereja dimasa yang akan datang. Pemuda adalah generasi masa depan gereja, karena itu jikalau ingin membentuk gereja masa depan yang kuat, maka arah dan pembinaan serta pelayanan harus difokuskan kepada generasi muda zaman ini.
Usia kategorial pemuda dalam klasifikasi yang dibuat oleh DPA GBI adalah 18-24 tahun. Usia ini adalah usia yang sangat produktif, dalam banyak hal pemuda mempunyai banyak kelebihan seperti semangat, ide-ide, kerja keras dan lain-lain. Melihat kepada hal-hal ini maka, Biro Pemuda DPA GBI berupaya untuk secara terus menerus mengembangkan pola pelayanan yang lebih efektif.
Berkenaan dengan hal di atas maka fokus kerja Biro Pemuda adalah menciptakan pemimpin gereja di masa yang akan datang dan menjadikan pemuda sebagai tenaga yang terlibat aktif dalam pelayanan. Untuk merealisasikan tujuan di atas, Biro Pemuda DPA GBI, memikirkan bentuk dan model pengembangan kepemimpinan dan penemuan visi masa depan, dalam bentuk camp yang dibuat khusus agar Generasi Muda dapat menemukan dan memikirkan masa depannya mulai dari usia muda.
FOKUS BIRO PEMUDA PERIODE 2013-2017 : Program Unggulan --> GET CAMP

BIRO DEWASA MUDA (Dewasa Muda Bethel Indonesia/DMBI)
Biro Dewasa Muda adalah biro yang mengkoordinir seluruh keagiatan pelayanan yang berhububungan dengan dewasa muda di DPA GBI. Tugas utama biro ini adalah memperlengkapi usia-usia dewasa muda pada umumnya dan secara khusus pasangan suami isteri dalam hal menghadapi pergumulan-pergumulan kehidupan. Selain itu memberikan paradigma yang baru tentang tugas dan tanggung jawab dewasa muda dalam gereja, sebagai bagian integral yang tidak terpisahkan dari institusi gereja.
Batasan usia dewasa muda dalam klasifikasi yang dibuat oleh DPA GBI adalah rentang usia 25-45 tahun, atau mereka yang sudah menikah walaupun belum mencapai usia 25 tahun, termasuk dalam kelompok usia ini. Kelompok umur ini ini jika dianalisa berdasarkan usia kategorial, maka dapat digolongkan sebagai usia yang mapan, sebab pada umumnya golongan usia ini adalah usia kerja dan aktif dan produktif.
Sehubungan dengan batasan usia di atas, maka fokus kerja Biro Dewasa Muda di DPA GBI adalah mempersiapkan usia dewasa muda sebagai partner gereja dalam mencapai pertumbuhan gereja yang maksimal. Memaksimalkan peran usia dewasa muda dalam berbagai bidang pelayanan, baik yang meliputi pelayanan ke dalam gereja maupun pelayanan ke luar gereja. Dengan memaksimalkan peran usia dewasa muda ini, maka sangat diharapkan terjadi pertumbuhan yang signifikan. Selain itu fokus lain yang menjadi target Biro Dewasa Muda adalah menjadikan dewasa muda sebagai pemrakarsa gerakan pelipatgandaan dengan membentuk komunitas sel atau kelompok profesi yang peduli dengan kehidupan gerejani.
FOKUS BIRO DEWASA MUDA PERIODE 2013-2017 : Program Unggulan --> 
 
 

 

 

Account Donasi

KCP K.S.Tubun No: 526-0300-549 a.n. DPA BPH GBI
CIMB Niaga Cab Melawai No: 402-01-00368-00-9 a.n. DPA BPH-GBI
CIMB Niaga Cab Melawai No: 402-01-00370-00-6 a.n. DPA BPH-GBI (kas proyek)
Cab Khusus Jakarta No: 0206-01-002754-30-0 a.n. DPA BPH-GBI

Online Info

We have 5 guests online